Manfaat Pijat Bayi Yang Harus Bunda Ketahui

10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir

Perlu diketahui bahwa dengan memijat bayi secara rutin merupakan salah satu cara untuk memberikan sesuatu yang lebih bagi dirinya. Selain itu juga bisa memiliki lebih banyak waktu untuknya sehingga bisa membangun ikatan yang lebih dalam lagi antara anak dan bunda. Bukan hanya itu, dengan pijatan juga bisa menstimulasi sensorik sehingga perkembangan bayi anda menjadi lebih sehat.

Karena bagaimanapun salah satu faktor yang paling penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia adalah dari sentuhan kasih sayang seorang ibu. Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sentuhan serta pijat bayi secara rutin dari ibunya atau pengasuh adalah faktor yang krudial untuk pertumbuhan, komunikasi, dan proses belajar si kecil nantinya.

Sentuhan Merupakan Bahasa Pertama Bunda

Dalam hal ini, sentuhan menjadi bahasa pertama orang tua/bunda. Dimana dengan sentuhan lembut dan penuh kasih sayang bisa membantu bayi untuk tumbuh lebih kuat dan tanpa rasa cemas. Selain itu, bayi yang disentuh secara rutin melakukan kontak mata 50% lebih banyak dan menunjukkan ekspresi positif 3 kali lebih banyak dibandingkan bayi yang lainnya. Sehingga tidak aneh kalau banyak pihak rumah sakit dan pusat persalinan yang menyarankan untuk meletakkan bayi yang baru lahir di dada atau perut sang bunda. Hal ini dilakukan untuk memberikan sebanyak mungkin kontak dari kulit-ke-kulit demi perkembangan bayi. Bukan hanya itu, kontak langsung antara bunda dan bayi bisa membantu menenangkan pernapasan bayi dan membantu bunda lebih dekat secara emosional.

Membangun Ikatan dan Manfaat Lain Dari Pijat Bayi

Dalam hal ini, memijat adalah cara yang sangat menyenangkan untuk membantu mempererat ikatan emosi antara bunda dan bayi. Tentunya hal ini menjadi kunci untuk perkemabangan bayi. Bahkan banyak peneliti serta ahli klinis yang mempercayai bahwa ikatan positif antara bunda dan bayi bisa membantu bayi dalam membentuk pondasi untuk hubungannya nantinya.

Selain untuk membangun ikatan antara bunda bayi menjadi lebih kuat, ada juga manfaat lainnya dari pijat bayi ini. Berikut manfaat pijat bayi yang harus bunda ketahui:

– Dapat menenangkan dan mengurangi frekuensi menangis pada bayi

– Dapat memperlancar pencernaan, dan mengurangi sakit perut, gas, dan sembelit

– Dapat menambah berat badab harian

– Dapat membantu bayi lebih mudah beradaptasi dengan tidur malam, serta membantunya tidur lebih nyenyak

– Dapat meredakan sesak napas dan rasa tidak nyaman pada saat tumbuh gigi

– Dapat membantu pembentukan, koordinasi dan kelenturan otonya dengan baik

– Dapat meningkatkan kesadaran tubuhnya

– Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi

– Dapat menjadikan tekstur kulitnya lebih baik

– Dapat membantu bunda dan bayi merasa tenang dan rileks

– Dapat meningkatkan rasa percaya diri bunda dalam memegang bayi

Selain bisa kontak dari kulit ke kulit, penelitian juga menunjukkan bahwa dengan sentuhan dan pijat bayi secara rutin ini bisa meningkatkan kemampuan kognitif, kewaspadaan, dan konsentrasi pada anak. Bukan hanya itu, sentuhan bunda lewat pijatan ini juga bisa berkontribusi pada ikatan emsosional pertama dengan bayi bunda. Dan kontak ini dapat membantu membangun pondasi bagi perkembangan emosional dan intelektualnya di masa mendatang.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang manfaat pijat bayi, semoga ada guna dan manfaatnya khususnya bagi para bunda yang memiliki bayi. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *